3 Macam Rumah Adat Betawi

Keberagaman rumah adat di Indonesia meman sangat banyak sekali dari ujung timur sampai ujung barat. Namun berikut ini adalah contoh dari jenis jenis rumah adat yang ada di Betawi. Rumah Betawi ada 3 macam, yaitu rumah gudang, joglo, dan bapang. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi simak ulasan berikut ini.

RUMAH GUDANG

Bentuk rumah gudang ini adalah empat persegi panjang, dengan atap pelana, tapi ada juga yang beratap perisai. Struktur kudakuda di rumah gudang ini sangat unik dan kompleks. Ada dua buah batang tekan miring yang saling bertemu pada batang tegak, yang disebut dengan ander. Sistem ini unik, karena tidak terdapat pada bangunan tradisional lainnya.

Pada bagian depan rumah, juga terdapat sepenggal atap miring yang disebut sebagai topi atau dak, atau markis. Bagian atap ini berfungsi untuk menahan cahaya matahari langsung dan tampias air hujan. Topi/dak/markis ini selalu ditopang oleh sebuah konstruksi penyangga yang disebut sekor, yang biasanya terbuat dari kayu atau besi.

RUMAH JOGLO

Apabila dilihat dari namanya, rumah joglo ini memang mendapatkan pengaruh dari rumah adat Jawa. Beda antara kedua jenis rumah joglo ini adalah pada tiang penopang atapnya. Jika pada rumah joglo Jawa tiang penyangga atapnya sangat jelas terlihat, dan merupakan unsur utama rumah.

 Sedangkan pada rumah joglo Betawi, atap joglonya disangga oleh konstruksi kuda-kuda timur yang tidak mengenal batang diagonal, yang digunakan oleh jenis kuda-kuda dari barat. Rumah joglo Betawi mempunyai bentuk rumah bujur sangkar, yang didapat dari hasil penyatuan ruangruang di dalamnya yang berbentuk persegi panjang.

RUMAH BAPANG

Bentuk rumah bapang ini hampir sama dengan rumah gudang, yaitu berbentuk empat persegi panjang. Atapnya pun berbentuk pelana. Akan tetapi letak perbedaan dengan rumah gudang adalah, atap pelana pada rumah bapang ini tidak penuh. Sisi luar atap yang ada, dibentuk oleh terusan atap pelana. Kuda-kudanya pun terletak di bagian tengah konstruksi atap.

Rumah adat tersebut sangatlah kuat akan seni sehingga patut sekali untuk diletarikan. Dengan paduan seni modern bsa menjadi rumah yang bagus dan menarik. Rumah yang sudah bagus dan menarik tentunya tak lupa untuk menambahkan sebuah instalasi genset. genset untuk rumah tangga yang tidak berisik dan awet bisa dibeli dengan harga murah.

Untuk mendapatkan genset harga murah bisa membelinya di toko distributor genset 500 Kva di Banjarmasin. Karena harga yang bisa dinegosiasikan dan mesin yang original membuatnya menjadi yang terpercaya.

Author: Slamet