5 Alasan Mewarnai Sebagai Terapi Keluarga

Senang-senang ala anak balita ini terbukti ampuh menerapi kelelahan mental kita, termasuk berbagai keluhan yang muncul karena kehamilan. Menurut Tria Nurchayati, Penyusun buku My Own World, Coloring For Adult, inilah 4 alasan mewarnai bisa menjadi obat antistres.

“ Info lowongan kerja di Jerman untuk kamu yang ingin kerja di luar Negeri dengan gaji besar “ ~ upstory.org ~

¦ Pertama, rutinitas yang sama setiap hari bisa jadi pemicu stres. Nah, karena mewarnai tidak terikat oleh waktu, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, kita jadi bisa keluar dari rutinitas kapan saja barang sejenak. Me time dengan mewarnai dengan kata lain memberi jarak pada berbagai rutinitas untuk sementara waktu. ¦ Kedua, mewarnai bisa menjadi media untuk menyalurkan/ mengekspresikan emosi, seperti marah, gembira, kesal, sedih, dan sebagainya. Ini akan melegakan, karena emosi dapat tersalurkan melalui medium yang unik.

¦ Ketiga, mewarnai bisa menjadi pilihan kegiatan berkualitas untuk seluruh anggota keluarga, terutama orangtua dan anak. Sambil mewarnai, anak dan orangtua bisa ngobrol, bercanda, atau berdiskusi dengan santai. Tentunya ini akan berpengaruh pada pola komunikasi di keluarga. Serunya lagi, hemat energi dan uang. Apalagi untuk mamil yang terkadang mudah lelah, mewarnai cocok sekali karena bisa dilakukan sambil bersantai di kamar bersama orang-orang tersayang.

¦ Keempat, mewarnai dapat mengalihkan kita dari gawai. Memang, gawai (gagdet) memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada baiknya sesekali kita melepaskan diri dari gagdet. Mewarnai bersama keluarga, teman, atau orang tersayang dapat mengalihkan kita dari gadget. Hubungan dengan mereka akan lebih erat serta berkualitas. ¦ Kelima, mewarnai dapat menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan. Dalam keseharian orang dewasa, otak kiri (yang menangani sebagian besar tugas berpikir logis, berbahasa, dan berhitung matematis
lebih sering digunakan, sehinggas apabila diilustrasikansotak kiri kita lebih besar daripada otak kanan. Nah, dengan mewarnai otak kanan diaktifkan agar seluruh bagian otak bisa bekerja seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *