Aneka Permainan yang Mendukung Perkembangannya

Seiring kemampuannya yang bertambah, di rentang usia ini, anak dapat diajak melakukan beragam permainan yang membuat tubuhnya aktif bergerak.

• USIA 1—2 TAHUN Pada rentang usia ini, anak sudah mampu berdiri dan berjalan, memanjat dan menemukan ruang. Untuk motorik halusnya, anak mampu meremas dan memegang sikat gigi, menggunakan sendok dan minum dari gelas. Membuat coretan dan membalikkan halaman buku. Untuk menstimulasi keterampilan tersebut, ada beberapa permainan yang dapat dilakukan si kecil bersama Mama.

1. Mengeluarkan dan memasukkan benda.

Manfaat: * Menstimulasi keterampilan motorik halus dan kasar. * Melatih koordinasi jari jemari tangan. * Mengembangkan kemampuan kognitif dan visual. * Mengembangkan nilai karakter kedisiplinan dan kepedulian. Cara Bermain: * Sediakan kotak yang dapat di gunakan untuk menyimpan mainan anak. * Berikan label (warna/gambar/ tulisan/visual lain) pada kotak mainan tersebut, sebagai tanda untuk membedakan dari kotakkotak yang lain.

Misalnya: kotak mainan untuk menyimpan boneka, maka bisa dibuatkan fotofoto boneka atau warna tertentu ditempelkan di depan kotaknya. * Masukkan beberapa mainan pada kotak mainan. Kotak mainan boneka untuk menyimpan boneka, kotak mainan mobil untuk meyimpan mobil-mobilan, atau kotak mainan bola untuk menyimpan bola-bola kecil, dan lain-lain.

* Peragakan di depan batita, bagaimana mengambil mainan dengan satu per satu dikeluarkan dari dalam kotak mainan. Peragakan pula bagaimana memasukkan kembali mainan tersebut ke dalam kotak mainan dengan baik dan benar (tidak dengan dilempar dari kejauhan sehingga merusak mainan atau menimbulkan akibat berbahaya untuk anak).

2. Menarik kereta/mainan beroda. Manfaat: * Menstimulasi keterampilan motorik kasar dan halus. * Melatih keterampilan perkembangan emosional. * Melatih koordinasi motorik kasar dan halus. * Melatih keseimbangan dan kosentrasi. * Mengembangkan nilai karakter rasa syukur dan kepedulian. Cara Bermain: Siapkan mainan yang beroda seperti: mobil-mobilan, keretakeretaan, ataupun bendabenda mainan manipulatif dan ikatlah dengan tali kurang dari 1 meter. Ajari anak untuk menarik tali secara perlahan hingga kereta dapat bergerak mengikuti dirinya.

Author: Slamet