Komitmen JAPFA Memenuhi Kebutuhan Protein Hewani Nasional Bagian 1

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk secara konsisten menjaga kualitas produk berprotein hewani di tiga lini bisnis utamanya sekaligus membangun kemitraan dan berinvestasi sosial. Selama lebih dari 40 tahun, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) melalui produk-produknya terus berperan aktif dalam mendorong konsumsi protein hewani di Nusantara. Rachmat Indrajaya, Direktur Corporate Affairs JAPFA mengungkapkan, dalam menjalankan usahanya, JAPFA mengacu pada prinsip-prinsip dasar seperti penyediaan produk berkualitas dan terjangkau, pembangunan kemitraan, serta penerapan proses berkelanjutan.

“Ketiga prinsip utama tersebut berlaku untuk seluruh lini bisnis utama JAPFA yang tersebar di Indonesia,” ujar Rachmat di sela-sela year end gathering bersama media di Almond Zuchini, Jakarta, Selasa (11/12). Dalam acara jumpa media tersebut, selain memaparkan investasi di bidang bisnis dan sosial, JAPFA meng ajak awak media untuk melakukan cooking demo bersama Chef Adhika Maxi. Tentunya dengan memanfaatkan produk-produk berprotein dari JAPFA.

Tiga Lini Bisnis Utama Berdiri sejak 1971, JAPFA memulai bisnisnya sebagai produsen pakan ternak berupa pellet kopra di Surabaya, Jawa Timur. Dalam kurun waktu 47 tahun, JAPFA berkembang pesat menjadi salah satu perusahaan agribisnis ter besar yang terintegrasi di Indo nesia. Rachmat menceritakan, JAPFA mengawali go public di lantai bursa pada 1989 dan saat ini JAPFA telah mengoperasikan lebih dari 20 pabrik pakan yang dilengkapi dengan 19 fasilitas pengeringan jagung (corn dryer), 70 breeding farm, 100 komersial farm, 6 unit food processing, dan 11 rumah potong unggas dan hewan.

Tiga lini usaha utama emiten berkode JPFA tersebut meliputi perunggasan, budidaya perairan, dan peternakan sapi potong. Masing-masing divisi dikelola secara terintegrasi mulai dari hulu hingga hilir. Mulai dari pakan, bibit, budidaya, hingga pengolahan. Emiten unggas masih menjadi yang utama. Untuk usaha sapi potong, PT Santosa Agrindo (Santori) membawahi usaha yang meliputi penggemukan, pembiak an sapi wagyu, dan rumah potong modern yang telah tersertifikasi ISO 22000:2005 dan sertifikasi halal.

Sementara untuk usaha budidaya perairan atau akuakultur, dikelola oleh PT Suri Tani Pemuka (STP) dengan men gelola lima pabrik pakan ikan dan udang di daerah Gresik, Purwakarta, Lampung, Banyuwangi, dan Medan. Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama JAPFA, imbuh Rachmat, menghasilkan produk unggulan dengan pelayanan yang kompetitif dan menjaga kualitas produknya.

Author: Slamet