Layar Tajam dan Memukau

Teknorus.com – Maraknya smartphone dan tablet mensyarat- kan penggunaan layar sentuh. Untuk perangkat mobile seperti itu, kualitas tampilan menjadi sangat penting karena menentukan kenyamanan saat menikmati banyaknya ­ tur, juga beragam aplikasi dan game. Banyak istilah teknologi dipakai di layar smartphone dan tablet. Namun, secara garis besar, ada dua jenis layar utama yang dipakai di smartphone, yaitu LCD dan AMOLED.

Baca juga : WA WEB

LCD sudah lama sekali digunakan sebagai layar di berbagai perangkat selama puluhan tahun, mulai dari layar smartphone, monitor komputer, sampai jam tangan. Sesuai namanya, layar LCD berbekal medium kristal cair yang diselipkan di antara beberapa panel kaca atau material transparan lain. Beberapa layar LCD berteknologi In-Plane Switching (IPS) yang bisa meningkatkan kualitas reproduksi warna dan sudut pandang optimal yang lebih luas.

Contohnya, layar Retina Display di iPhone, adalah layar LCD berteknologi IPS yang memiliki resolusi tinggi. Contoh lain teknologi LCD adalah layar TFT. Layar LCD mampu menampilkan warna yang sangat nyata, tetapi memerlukan lampu penerang tambahan (backlight) karena tidak menghasilkan cahaya sendiri. Di sisi lain, mulai muncul pula smartphone yang berbekal teknologi layar AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode).

AMOLED ini dikeluarkan oleh Samsung, yang bermarkas di Korea Selatan. Teknologi AMOLED ini memiliki kelebihan dibanding LCD, misalnya tidak memerlukan lampu backlight dan memiliki tingkat kontras lebih tinggi. Layar AMOLED terbuat dari lapisan polimer organik tipis yang menyala saat dialiri listrik. Karena konstruksinya yang begitu sederhana sekali, layar AMOLED dapat dibuat menjadi sangat tipis.

Kelebihan lain, AMOLED jika digunakan sebagai layar di suatu perangkat dengan tingkat ketajaman dan kecerahan yang lebih tinggi, dengan konsumsi daya yang relatif rendah Namun, teknologi AMOLED ini memerlukan komponen lebih mahal daripada komponen layar sebelumnya. Maka, belum banyak vendor yang menerapkan layar AMOLED ini.

Varian dari AMOLED adalah Super AMOLED. Beberapa keunggulan Super AMOLED misalnya 20% lebih hemat daya dibanding AMOLED, mengurangi pantulan cahaya di bawah sinar matahari langsung, tetap bisa terbaca dari sudut 180 derajat, punya kontras tinggi, tingkat kecerahan tinggi (20% lebih cerah), dan lebih tipis. Berikut beberapa pilihan smartphone yang sudah berbekal layar Super AMOLED.

Author: Slamet