Lindungi Kulit dari 5 Penyakit Ini

Curah hujan yang tinggi diselingi cuaca panas secara mendadak membuat kelembapan meningkat drastis. Kondisi itu menjadi peluang bagi bibit penyakit kulit untuk berkembang biak. Jamur, bakteri, virus, dan bibit penyakit lain seakan diberi panggung untuk tampil dan menyerang kulit anak. Umumnya, penyakit kulit yang menyerang anak-anak dibedakan menjadi infeksi (disebabkan bakteri, virus, jamur atau parasit) dan noninfeksi (seperti alergi, hormonal, gangguan pigmentasi atau penyakit sistemik yang memberikan gejala di kulit). Apa pun penyebabnya, penyakit kulit perlu penanganan yang tepat. Untuk itu, hindari mengobati sendiri karena beda penyakit kulit, beda pengobatannya. Berikut 10 penyakit kulit yang mengancam anak di musim pancaroba:

  1. Impetigo Kuman masuk melalui kulit yang tergores/terluka atau bahkan dari bekas gigitan serangga. Penyakit impetigo mudah menular. Anak juga bisa tertular dari penderita impetigo karena tak sengaja menyentuh lukanya, termasuk benda-benda penderita seperti mainan, pakaian, handuk dan lainnya. Ciri-ciri: Kulit berbintik merah, melepuh, berisi cairan nanah. Kulit yang terinfeksi terasa gatal serta sakit yang dapat menjalar dari satu bagian tubuh ke bagian yang lain. Impetigo bisa terjadi pada bagian tubuh manapun tapi sering kali di wajah, lengan dan tungkai. Penanganan: Dengan obat antibakteri yang diresepkan dokter.
  2. Folikulitis Gangguan kulit ini sering ditemukan pada anak-anak yang tinggal di iklim tropis atau tempat tinggalnya termasuk wilayah padat dengan higiene buruk. Folikulitis adalah pera dang an kulit yang dapat terjadi di bagian kulit manapun karena terinfeksi bakteri staphylococcus (Staph). Ciri-ciri: Tampak bintik, bernanah kemerahan disertai rasa nyeri dan gatal. Penanganan: Kompres hangat dapat mempercepat pengempesan folikulitis. Selain itu, diberikan antibiotik berupa salep maupun obat kapsul dari dokter.
  3. Dermato mikosis Contoh-contohnya adalah kadas, kurap, kutu air juga ketombe. Infeksi karena jamur menyebar dengan mudah di cuaca dengan kelembap an cukup tinggi. Kemudian muncul di bagian yang lembap seperti di area tungkai atas, lipat paha, lengan, ketiak, leher, kulit kepala serta wajah. Cirinya : bercak dengan sisik halus yang memiliki warna putih kecoklatan. Penanganan: Diberikan salep anti jamur.

Sedangkan untuk keterampilan anak dalam berbahasa asing dapat memberikannya latihan di tempat terbaik kursus bahasa Perancis di Jakarta.

Author: Slamet