Sektor Ganda Jadi Andalan

Cabang bulu tangkis masih memberikan harapan besar untuk mendulang medali emas di Asian Games 2018. Bulu tangkis selalu menjadi cabang favorit bagi Indonesia untuk meraih medali, apalagi saat ini Indonesia menjadi tuan rumah. Legenda bulu tangkis Indonesia, Christian Hadinata, masih yakin Indonesia bisa berbicara banyak di Asian Games 2018. Untuk meraih target pada Asian Games ini, Christian menilai sektor ganda harus benar-benar dimaksimalkan. “Peluangnya masih terbuka, terutama di nomor ganda campuran, kan masih ada Owi/Butet (Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir).

Memang di Kejuaraan Dunia, mereka tidak ikut agar bisa berfokus di Asian Games,” ujar Christian saat dihubungi kemarin. Di nomor ganda putra, Indonesia masih punya pasangan andalan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang saat ini berada di peringkat pertama dunia. Meski harus terhenti di babak perempat final Kejuaraan Dunia pada akhir bulan lalu, Christian masih yakin The Minions julukan Marcus/Kevin tetap bisa mempertahankan kejayaannya. “Apalagi mereka main sebagai tuan rumah. Mereka tentunya mau mengulangi menjadi juara seperti di Indonesia Open lalu,” kata mantan atlet spesialis ganda putra dan ganda campuran itu. Selain ganda campuran dan ganda putra, Christian menilai sektor ganda putri akan mampu membuat kejutan.

Terbukti, Greysia Polii/Apriyani Rahayu baru saja berhasil merangkak ke peringkat keempat dunia setelah menembus semifinal Kejuaraan Dunia 2018. Meski dominasi ganda putri Jepang masih belum tergoyahkan, ia menilai Greysia/Apriyani memiliki potensi besar untuk meraih hasil terbaik di depan publiknya sendiri. Sektor ganda memang paling diandalkan bulu tangkis Indonesia di Asian Games 2018. Hal ini tak terlepas dari masih lemahnya sektor tunggal, baik putra maupun putri.

Hal ini terlihat dari masih tak konsistennya capaian pemain tunggal putra dan putri Indonesia di turnamen internasional. Perjuangan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting masih akan tetap berat, meskipun tunggal putra andalan Malaysia, Lee Chong Wei, dipastikan tak akan ikut berpartisipasi karena mengalami cedera. Sebab, peta kekuatan tunggal putra dunia sudah merata. Ada Kento Momota dari Jepang yang baru saja menjadi juara dunia baru, lalu ada Shi Yuqi dan Chen Long dari Cina.

Ada pula Son Wan-Ho dari Korea Selatan dan Kidambi Srikanth dari India. “Kemarin, Jojo (Jonatan Christie) juga kalah oleh pemain tunggal putra Malaysia (Daren Liew) kan, bukannya Lee Chong Wei. Itu bisa jadi gambarannya. Jadi, memang cukup berat (bagi tunggal),” kata Christian. Cabang olahraga bulu tangkis di Asian Games 2018 akan memperebutkan tujuh emas. Lima dari nomor perorangan dan dua dari nomor beregu putra dan beregu putri. Pertandingan akan dimulai pada 19 Agustus mendatang di Istora Senayan.

Author: Slamet