Sindhu Incar Medali Emas Tunggal Putri

Pemain bulu tangkis tunggal putri peringkat ketiga dunia asal India, Pusarla Venkata Sindhu, makin percaya diri. Setelah meraih medali perak di Kejuaraan Dunia di Nanjing, pekan lalu, dia ingin mempersembahkan medali emas untuk negaranya pada Asian Games mendatang. “Merebut perak di Kejuaraan Dunia, menambah kepercayaan diri saya dan harapannya bisa terus melaju dan tampil lebih baik di Asian Games,” ujar atlet yang berusia 23 tahun tersebut pada Rabu lalu. Di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2018, Sindhu mampu menaklukkan dua pemain bulu tangkis andalan Jepang.

Sindhu mampu menaklukkan pemain peringkat keenam dunia, Nozomi Okuhara, di babak perempat final, dan mengalahkan penghuni peringkat kedua, Akane Yamaguchi, di babak semifinal. Sayang, mimpinya menjadi juara dunia terkubur setelah dikalahkan pemain bulu tangkis Spanyol, Carolina Marin, di babak final. Setelah melakoni laga final di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis kemarin, Sindhu berujar bahwa ia tak akan puas jika meraih perak. “Tentu saja, saya akan bekerja lebih keras dan keras lagi hingga saya bisa mendapatkan emas,” kata dia. “Saya harap, suatu hari, saya akan mendapatkannya.” Ini bukanlah pertama kali Sindhu kalah dari Marin.

Sebelumnya, di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, Sindhu juga takluk dari pemain bulu tangkis berusia 25 tahun itu di babak final. Hal itu membuat dia harus puas dengan raihan medali perak Olimpiade. Untuk nomor beregu di Asian Games, Sindhu mengakui bahwa persiapannya bersama rekan satu timnya tak terlalu bagus. Waktu yang mepet membuat persiapan tim tak optimal. Meski begitu, ia berharap tim bulu tangkis India bisa memberikan hasil yang lebih baik dari empat tahun lalu.

Saat itu, India hanya mampu meraih satu medali perunggu melalui nomor beregu putri. “Kami memiliki waktu yang sangat sedikit untuk melakukan persiapan. Untuk kali ini, kami mengharapkan hasil yang lebih baik dari perunggu,” ujar Sindhu. Kepala pelatih bulu tangkis India, Pullela Gopichand, tetap percaya Sindhu bakal membuat kejutan dalam kejuaraan di Asian Games nanti, baik di tunggal maupun di tim.

Terbukti dengan penampilannya di Kejuaraan Dunia yang menyingkirkan pemain Asia. “Saya pikir Sindhu telah tampil secara fantastis. Kami berharap kesuksesan juga akan datang pada Asian Games mendatang,” ujarnya. Sebelumnya, India belum pernah merebut satu medali pun di nomor bulu tangkis tunggal putri di Asian Games. Adapun untuk nomor tunggal, India baru bisa meraih medali perunggu melalui pemain bulu tangkis putra, Syed Modi, di Asian Games 1982 di New Delhi, India.

Author: Slamet