Solusi Ponsel Tak Terdeteksi PC

Teknorus.com – Saat menghubungkan smartphone Windows Phone 8.x ke komputer, secara normal Anda akan langsung terhubung dengan sistem Windows. Otomatis, Anda bisa melihat aplikasi penyelarasan tampil. Namun pada beberapa kasus, terkadang ditemui beberapa permasalahan. Salah satunya tak terdeteksinya smartphone di Windows.

Baca juga : Gudang Movie

Atau aplikasi penyelarasan tidak bisa terbuka setelah terhubung ke komputer. Selain itu, ada pula kasus pesan eror dan menyebutkan bahwa smartphone tidak bisa terhubung ke komputer. Jika Anda menemui kasus seperti itu, ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk menemukan solusinya.

  1. Periksa koneksi USB Disarankan Anda menggunakan kabel data USB bawaan dari smartphone. Jika tidak ada, gunakan kabel berkualitas baik dan tancapkan dengan port USB yang berada pada bagian belakang komputer. Usahakan jangan tancapkan melalui USB hub atau port USB yang terdapat pada bagian depan komputer.

Hal ini dikarenakan port tersebut memiliki daya yang kurang maksimal untuk transfer data. Untuk memeriksa apakah kedua perangkat telah terhubung. Lakukan hal berikut, untuk Windows 7, Vista, atau XP, klik Start, klik kanan Computer>Properties>Device Manager. Bagi pengguna Windows 8, dari tampilan Modern/Metro UI, ketik Device Manager, tekan dan klik Settings>Device Manager.

Nantinya akan tampil daftar dari komponen yang ada, perhatikan apakah ponsel Anda telah terlihat disini. Biasanya Windows Phone akan terdeteksi sebagai Portable Devices. Jika tidak terlihat, berarti kabel USB yang digunakan tidak bagus.

  1. Restart komputer atau smartphone Cara ini bisa Anda coba untuk menyegarkan kedua sistem tersebut. Pada smartphone, tekan dan tahan tombol Power sampai terlihat tulisan Slide down to power off, dan geser ke bawah. Setelah mati, tancapkan menggunakan kabel USB ke komputer. Jika belum terdeteksi, lakukan restart pada komputer.
  2. Pastikan smartphone telah terupdate Periksa apakah smartphone Anda telah mendapatkan update terkini. Untuk memeriksanya, masuk ke Settings>Phone Update dan tekan Check for updates. Jika tersedia update, langsung lakukan instalasi.
  3. Update driver Windows Phone 8 Jika Windows Device Manager bermasalah saat menginstall driver, lakukan update driver dengan cara: Hubungkan smartphone ke komputer menggunakan kabel USB. Masuk ke Device Manager (seperti langkah 1). Klik ganda atau klik kanan pada Nokia USB Connectivity, dan pilih Update Driver Software. Pilih Search automatically for updated driver software. Nanti otomatis Windows akan mencari driver terbaru. Tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet untuk itu.

Author: Slamet