Telkomsel Berkomitment Membangun Smart City di Indonesia

Telkomsel Berkomitment Membangun Smart City

Telkomsel Berkomitment Membangun Smart City – Beragam Tantangan perkotaan yang semakin kompleks telah mendorong kota dan daerah untuk menjadi lebih baik. Kota dan daerah dituntut menyusun strategi dan langkah terkait perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan hingga mampu menghadirkan tata kelola yang lebih baik secara berkelanjutan.

Kota Cerdas adalah gagasan yang saat ini banyak digadang–gadang mampu membantu kota dan daerah melakukan hal tersebut.Hadir dalam berbagai definisi, aspek, dan cakupan implementasi, konsep ini pada dasarnya adalah pemanfaatan teknologi ICT dalam pengelolaan dan pembangunan kota yang implementasinya tidak hanya menyentuh Pemerintah Daerah, tetapi juga masyarakatnya secara luas. Sebagai bentuk komitmen mendorong percepatan pemanfaatan teknologi ICT untuk mewujudkan kota dan daerah yang lebih baik dalam segala aspek, Telkom Indonesia selaku BUMN ICT mencanangkan Smart City Nusantara.

Ini adalah sebuah konsep penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, efisiensi, dan kemampuan kerja dalam memberikan pelayanan yang keberlanjutan serta dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dengan mengutamakan kearifan lokal daerah tersebut. Telkom menyadari bahwa mewujudkan kota cerdas merupakan sebuah kerja berkelanjutan yang tidak hanya sebatas implementasi teknologi, tetapi juga process dan people yang terkait serta bagaimana implementasi tersebut memberi manfaat terhadap seluruh komponen kota dan daerah.

Untuk itu, tahapan implementasi Smart City Nusantara selalu didasarkan pada assessment painful problem, penentuan prioritas dan tahapan, serta evaluasi atas manfaat implementasi tersebut dengan selalu mempertimbangkan karakteristik kota dan daerah di Indonesia yang berbeda satu dan lainnya. Dengan proses yang komprehensif tersebut dan didukung oleh pengalaman Telkom serta berbagai portofolio ICT Telkom Group, hingga Juli tahun 2018, Telkom telah berhasil mendukung kesiapan kota cerdas (smart city readiness) pada 425 Pemerintah Daerah di Indonesia dengan mengimplementasikan Smart City Nusantara minimal 1 hingga 3 layanan berkategori connectivity/ content/ collaboration.

Dalam upaya memberikan dukungan yang lebih luas dan sebagai bagian dari strategi Telkom untuk percepatan implementasi kota cerdas yang mengedepankan semangat kolaborasi dan inovasi, pada tahun 2016 Telkom telah mendirikan Living Lab Smart City Nusantara, sebuah merupakan fasilitas yang dibangun oleh Telkom untuk memberikan guidance dan know-how kepada stakeholder Smart City khususnya Pemerintah Daerah. Living Lab Smart City Nusantara terbuka bagi seluruh stakeholder kota untuk berkunjung dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan pengembangan smart city. Partisipasi bisa dilakukan dalam bentuk sharing knowledge, diskusi implementasi, hingga inovasi teknis maupun bisnis.

Menerapkan smart city untuk semua kota di Indonesia rasanya cukup sulit, selain SDM mumpuni yang kurnag, masih terdapat beberapa kota mengalami pemadaman listrik akibat dari beragam hal seperti pasokan yang menipis, jadwal perawatan dan lainya. Jika sebuah kota dengan jumlah pasokan listrik sedikit namun tetap ingin menerapkan smart city, sebaiknya menggunakan genset diesel sesuai yang dibutuhkan.

Mengenai genset apa yang paling sesuai dengan keperluan anda bisa bertanya pada salah satu marketing supplier genset samarinda dimana mereka sudah berpengalaman dan terlatih dalam memilihkan genset untuk setiap konsumen.

Author: Slamet