Tips Membeli Hunian pada Pengembang Kecil

Tertarik untuk membeli rumah yang dibangun pengembang kecil dan belum ternama? ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal berikut ini. Daya pikat akan keuntungan yang dianggap menggiurkan di dunia properti, melahirkan banyak pengembang di bidang perumahan. Tak hanya pengembang besar yang bermain di ranah ini, pengembang kecil tumbuh subur meramaikan peta persaingan.

Untuk Anda yang membeli hunian dari pengembang besar, perasaan aman cenderung lebih besar dibanding membeli dari pengembang kecil. Kekhawatiran terkena tipu, seperti uang yang dilarikan, hunian yang tak kunjung dibangun, dan spesifkasi material yang tidak sesuai perjanjian, hampir tidak pernah terjadi. Sementara, kasus penipuan yang terjadi di pengembang kecil sering kali terjadi. Padahal, ada banyak pengembang kecil yang juga berkualitas. Jika Anda tertarik membeli rumah di pengembang kecil, ketahui beberapa hal berikut ini.

Kenali Pengembang

Walaupun tidak ternama, ada baiknya Anda mencari tahu latar belakang pengembang. Anda dapat mencarinya di internet. Jika datanya sedikit, Anda bisa menanyakan langsung kepada kantor pemasaran tentang data perusahaan. Andai masih sulit, Anda harus mengetahui bahwa perusahaan yang membangun rumah adalah ahli di bidang perumahan.

Ketahui Proyek Sebelumnya

Sekecil apapun pengembang, biasanya mereka memiliki referensi proyek sebelumnya. Tanyakan ke pihak pemasaran, proyek apa saja yang telah ditangani dan lokasinya dimana. Jika ada waktu, Anda sempatkan main ke proyek tersebut untuk melihat kualitas dan keseriusan pengerjaannya.

Kunjungi Lokasi

Terjun ke lapangan dan melihat langsung lokasi perumahan adalah sebuah kewajiban. Dengan mendatangi, Anda bisa memastikan proyek tersebut ada, bukan fktif. Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung kualitas hasil kerjaan. Atau, Anda bisa mengecek juga kondisi sekitar seperti akses, kemacetan, fasilitas sekitar perumahan, dll.

Kroscek Masterplan

Masterplan dalam sebuah perumahan merupakan faktor penting yang tak bisa diabaikan. Fungsinya untuk mengawasi dan mengevaluasi tahapan pembangunan yang telah ditempuh pengembang. Jadi, Anda akan tahu posisi rumah Anda di dalam perumahan, fasilitas sosial dan umum yang akan dibangun pengembang, dan besarnya Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kelengkapan Desain

Sekecil apapun pengembang harus memiliki gambar denah, tampak, dan siteplan rumah. Desain ini sebagai pegangan Anda dalam hal proses pembangunan rumah hingga jadi. Jika tidak sesuai dengan desain, Anda berhak komplain. Yang menarik, jika ada hal yang ingin Anda tambah atau kurangkan dalam hal desain, biasanya pengembang kecil bisa lebih ?eksibel dibanding pengembang besar. Asalkan, harganya cocok.

Kecocokan Spesifikasi

Lihatlah brosur yang diberikan pengembang dan baca spesifkasi material secara detail. Setelah jelas semua, cocokkan antara data brosur dan kenyataan di lapangan. Jika ada hal yang mencurigakan, segera lakukan komplain. Pengembang yang baik seyogianya tidak menipu konsumen, terutama mengubah spesifkasi material. Jika ada perubahan, harusnya atas dasar kesepakatan konsumen dan ditandatangani kedua belah pihak.

Kepastian Harga

Berbeda dengan pengembang besar, harga pengembang kecil kadang berubah dan tidak sesuai brosur. Pastikan juga, apakah harga rumah sudah termasuk pajak Penghasilan (PPN), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), biaya listrik, biaya air, akta jual beli, sertifkat HGB (Hak Guna Bangunan), Biaya Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Biaya KPR (jika Anda KPR), dsb. Sebaiknya, tulis harga kesepakatan dengan dilengkapi materai.

Kelengkapan Surat

Perhatikan kelengkapan suratnya, apakah tanah itu miliki pengembang atau bukan? Dikhawatirkan, jika surat kelengkapan tanah dan kepemilikan lahan bukan atas mereka atau tidak jelas, rumah Anda akan bermasalah di kemudian harinya.

Tak ketinggalan pula sebuah rumah juga membutuhkan genset sebagai sumber energi listrik tambahan. Genset harga murah untuk rumah tangga yang tidak berisik bisa didapatkan jika membelinya toko suplier jual genset 200 Kva di Bandung. Harga belom termasuk diskon serta barang yang original dan bergaransi.

Author: Slamet